Welcome To Ulat Boeloe Community

22 Juli 2009

Tutorial Settings Blog

Pengaturan Blog
Secara garis besar, terdapat 3 pengaturan didalam blog yaitu sebagai berikut :
1. Pengaturan Dasar
Komponen yang ada didalam pengaturan dasar antara lain :
a. judul berfungsi untuk memberi nama blog, misalnya “ulatboeloe”..judul blog akan ditampilkan pada blog anda.
b. Uraian digunakan untuk mengisi keterangan atau deskripsi blog anda. Sebagai contoh, uraian diisi dengan “semua tentang Apis” karena blog tersebut bercerita tentang pemilik blog yang bernama Apis. Uraian blog dapat berupa huruf kecil atau kapital, dengan jumlah maksimal 500 karakter. Uraian ini pun nantinya akan ditampilkan pada halaman blog anda bersamaan dengan judul blog.
c. tambahkan blog anda kedaftar kami? Pilih ya. Pada menu dropdown sehingga blogger akan menampilkan profil blog anda. Maka blogger tidak akan menampilkan dalam daftar mereka dan juga profil anda, tetapi blog tidak hilan g dari internet.
d.biarkan mesin pencari menemukan blog anda? Pilih ya pada menu drop down sehinggablog anda akan terdektesi olehmesin pencari google blog search. Jika anda memilih tidak, maka blog anda tidak akan terdeteksi oleh google blog search.
e. tampilkan editing cepat di blog anda? Pilih ya untuk mempermudah anda dalam mengedit blog. Jika anda masuk kedalam blog, maka blog anda tidak dapat mengirimkan posting anda kepada teman-temannya via-email.
f.tampilkan link posting email? Pilih ya pada menu drop down pilihan memungkin pengunjung blog untuk mengirimkan posting e-mail dari blog anda ke teman-teman mereka dengan mudah. Sebaliknya, jika anda memilih tidak, maka pengunjung blog anda tidak dapat mengirimkan posting anda kepada teman-temannya via-email.
f. konten dewasa? Pilih tidak. Jika anda memilih ya, maka blog anda akan dikelompokkan sebagai blog dewasa atau blog porno.
g.Tampilkan mode compose untuk semua blog anda? Pilih ya pada menu drop down agar anda dimudahkan saat melakukan posting. Fasilitas ini juga biasa dikenalkan dengan editor wysiwyg(what you see is what you get). Sifatnya global, artinya berlaku untuk semua blog anda. Pilihan ini pun berguna bagi anda yang belum begitu mahir dengan kode HTML.
h. Aktifkan transliterasi? Sebaiknya anda pili menonaktifkan.
i. hapus blog anda? Jika anda ingin menghapus blog anda, klik hapus blog ini, maka blog anda akan terhapus.

2. Pengaturan Publikasi
Pada pengaturna Publikasi merupakan pengaturan alamat blog anda (URL). Setiap blog mempunyai URL dengan awalan http:// dan akhiran.blogspot.com. alamt blog anda bisa diganti sesuka hati anda, selagi alamt blog belum dipakai orang. Alamat blog inilah nanti anda promosikan pada rekan anda dan biasa disebut dengan DNS ( Domain Name Server ).

3. Pengaturan Format
Komponen – komponen Pengaturan format adalah sebagai berikut :
a. Tampilan. Dalam pengaturan ini terdapat dua pilihan. Yang pertama adalah pengaturan jumlah posting yang ingin ditampilkan dalam blog anda. Jika anda memilih “4”, artinya posting anda dalam halaman blog hanya empat saja. Anda dapat menganti angka ini sesuai dengna kebutuhan anda. Yang kedua adalah menu yang dipilih adalah posting . sebaliknya anda memilih hari, sehingga anda akan mengaktifkan jumlah maksimal posting sebanyak 500 posting dalam blog anda.
b. Format Header Tanggal. Pengaturan ini berisi pilihan hari, tanggal, maupun tahun yang dapat ditampilkan dalam posting blog anda. Terdapat pilihan jenis format header tanggal dimenu drop down. Pilih sesuai keinginan anda.
c. format tanggal index arsip, berfungsi sebagai bulan dan tahun yang akan ditampilkan pada pengarsipan semua posting yang berada di sidebar anda dapat memilih pada menu drop down sesuai dengan keinginan anda
d. format time stamp. Pengaturan ini merupakan pilihan waktu yang akan ditampilkan pada komentar blog anda. Terdapat beberapa piliha pada menu drop down, pilih bahasa indonesia.
E. zona waktu. Pilih tempat anda tinggal. jika anda tinggal diindonesia pilih zona waktu “(GMT+07:00) jakarta”.
F. bahasa. Anda sebagai pilihan bahasa yang ingin anda gunakan dalam pengolaan blog anda. Pada menu drop down, pilih bahasa indonesia.
G. konversi Ganti Garis. Pilihan ini memudahkan anda dalam editor posting. Jika anda memilih ya, maka setiap ketukan tombol enter secara otomatis otomasi akan digantikan dengan tag{/br}, sebagai pengganti baris pada editor posting. Pilihan ini sangat membantu pengguna yang belum memahami bahasa pemograman HTML.
H. Tampilan Field Judul. Pilihan ini berguna untuk menampilkan kolom judul yang terdapat dalam editor posting blog anda. Pilih Ya pada menu drop down sehingga judul blog akan ditampilkan dalam heading browser dan digunakan sebagai rujukan oleh search engine.
I. Tampilkan Kolom Link. Fasilitas ini berfungsi untuk menampilkan baris link sehingga anda dapat menyisipkan suatu link di bawah judul posting.
J. Aktifkan Perataan Float. Sebaiknya anda memilih tidak jika anda belum menguasai bahasa Pemograman HTML dan mempunyai`masalah dalam mengeditposting. Fasilitas ini sangat membantu dalam perataan gambar dan teks.
K. Template Posting. Biarkan kolom ini kosong. Fungsi ini untuk mempermudah anda dalam memperlihatkan kode HTML dalam mengedit posting. Kode tesebut ditampilkan jika sebelum atau saat mengedit posting anda memilih edit, bukan compose.
Selanjutkan simpan pengaturan yang sudah anda edit tadi.

Pengaturan Komentar
1. komentar. Sebaiknya isi pilihan Tampilkan sehingga jika ada pengunjung blog, maka komentarnya akan ditampilkan. Namun, jika anda memilih sembunyi, maka bkomentar anda tidak ditampilkan.
2. Siapa yang bisa berkomentar? Terdapat empat pilihan pada bagian ini. Pilih siapa pun-termasuk pengguna anonim. Dengan memilih pengaturan ini, maka siapa pun dapat berkomentar dalam blog anda dengan mudah, termasuk pengguna anonim sekali pun.
3. Penempatan Fornulir Komentar. Sebaiknya pilih halaman penuh sehingga windows blog anda ditampilkan secaa keseluruhan, beserta penulis komentar yang ada. Namun, jika anda memilih jendela Munculan, maka anda akan membuka jendela windows blog baru untuk menuliskan komentar, jika ada pengunjung blog anda yang mengklik link komentar.
4.Default Komentar Untuk Posting. Pilih posting baru memiliki Komentar pada menu drop down. Jika anda menginginkan posting anda tidak memiliki komentar, maka pilih posting baru tidak memiliki komentar.
5. Link Balik. Link balik memungkin anda untuk melacak halaman lainnya didalam web yang terhubng dengan kiriman anda sebaliknya pilh tampilkan.
6. Default Link Balik Untuk Posting. Pilih Posting baru memiliki Link Balik pada menu drop down. Jika posting anda tidak memiliki link balik, maka pilih posting baru tidak memiliki link balik.
7. format time stamp Komentar. Pilihan ini memungkinkan anda untuk memilih pilihan waktu pada menu drop down. Rungsinya adalah untuk menampilkan waktu posting anda diblog.
8. pesan formulir komentar. Sebaiknya anda kosongkan bagian ini. Sedikit pada bagian ini berfungsi untuk menampilkan pesan dikolom komentar yang anda buat. Anda dapat menggunakan kode tag HTML seperti{u}, {i}, dan {b}.

keterangan :
kata yang dikurung = { } diganti dengan < >
Ditunggu cacian, hinaan, komentar dan sarannya...
Terimakasih telah berkunjung diblog kami Ulat Boeloe community
Kalong99@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAAF BLOG KAMI MASIH DALAM TAHAP RENOVASI