Welcome To Ulat Boeloe Community

22 Juli 2009

Tips dan Trik Memilih Kartu Grafis (VGA)

Kartu Grafis (VGA)
Pada umumnya para pengguna komputer menyebutnya sebagai VGA (Video Grafis Adapter). Fungsi dari VGA adalah memproses data–data menjadi sebuah tampilan di layar monitor. Saat ini banyak produsen mainboard yang mengintegrasikan kartu grafis ke dalam mainboard. Istilah VGA onboard.
Kartu grafis yang terintergrasi ini mengambil sejumlaj memory dalam cpu, istilah ini share memory. Beberapa VGA onboard menggunakan share memori sebesar 128MB, namun ada pula yang sampai dengan 512MB. 
Secara umum yang harus diperhatikan dalam memilih sebuah kartu grafis adalah :
• GPU
Hampir sama dengan prosesor, amati tipe chipset yang digunakan, jangan terjebak pada “penamaan” seri dan merek. Dengan mengenali jenis dan tipe chipset, anda akan lebih mudah mengetahui kemampuan sesungguhnya.
• BIT
Jumlah bit (64 bit, 128 bit, 256 bit) adalah lebar jalur data (bandwidth) dalam RAM yang ditanamkan pada kartu VGA. Semakin besar bit, semakin banyak asupan data ke/dari RAM. Kemampuan kartu grafis dengan bit yang besar dapat dilihat pada kecepatan loading suatu scene dari game masa kini yang banyak digunakan polygon dan tekstur berukuran besar.
• Teknologi
Setiap produsen chipset kartu VGA mempunyai arsitektur teknologi yang berbeda dengan kompetitornya, misalnya nVidia dengan SLI-nya atau ATI dengan Crossfire-nya. Pelajarilah keunggulan arsitektur kartu VGA yang diusung oleh para produsennya.
• Memory VGA
Berpengaruh pada saat loading suatu data 3D (polygon, tekstur, dll) dan sebagai tempat penampungan sementara GPU memproses data tesebut. Semakin cepat dan besar jumlah RAM, semakin besar pula daya tampungnya. Sehingga proses kalkulasi data 3D dapat dilakukan dengan lebih cepat tanpa harus menunggu ketersediaan data di-load oleh RAM. Pada kartu grafis anda akan menemukan berapa nano kecepatannya, timing memory pada vga juga sangat berpengaruh pada kinerja, namun pengaturannya membutuhkan editor BIOS dari kartu grafis tersebut.
• Komponen
Kualitas kartu grafis juga dapat diindentifikasi dari bentuk fisiknya. Ini sama dengan memilih mainboard.

Ditunggu cacian, hinaan, komentar dan sarannya...
Terimakasih telah berkunjung diblog kami Ulat Boeloe community
Kalong99@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAAF BLOG KAMI MASIH DALAM TAHAP RENOVASI