Welcome To Ulat Boeloe Community

22 Juli 2009

TIPS DAN TRIK DALAM MEMILIH MAINBOARD

MAINBOARD
Secara garis besar mainboard atau motherboard merupakan sebuah papan utama yang menjadi tempat menyatukan peripheral-peripheral komputer yang lain. Sebuah mainboard berfungsi untuk menghubungkan setiap peripheral ke CPU. Dalam sebuah mainboard terdapat berbagai macam slot masing-masing slot untuk memasang prosesor, memory, kartu grafis, harddisk, optical drive dan lain-lain. Untuk menghubungkan seluruh peripheral, sebuah mainboard mempunyai satu atau dua chipset. Untk masing –masing platform intel dan amd memilliki mainboard yang berbeda, dan tidak bisa ditukar, hal in disebabkan oleh sistem kerja amd dan intel berbeda. Selain itu juga soket prosesor amd maupun intel pun berbeda.

Komponen-komponen yang harus diperhatikan memilih suatu chipset :
a. CHIPSET
chipset adalah controller chip utama pada mainboard yang mengatur jalur data semua komponen yang ada. Pada umumnya chipset terdiri dari dua jenis :
• Soutbrige (bagian bawah) berfungsi mengatur i/o, PCI, HDD, FDD, Sound, Lan dan komponen pendukung lainnya.
• Northbrige ( bagian atas atau dekat dengan prosesor ) berfungsi sebagai pengatur alur data komponen utama seperti CPU, memory, dan display slot (AGP/PCI-E)

b. Komponen
komponen yang digunakan pada sebuah mainboard tertentu sangat berpengaruh pada kestabilan, kinerja dan kualitas mainboard tersebut. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan dalam membeli mainboard.
• PCB
mainboard yang memiliki ketahanan dan kualitas yang bagus dapat dilihat dari kualitas PCBnya. Dalam memilih mainboard pilih yang 8 layer maka mainboard relatif lebih tebal dan lebih kokoh. Selain itu perhatikan ketajaman jalur dan kegetasan saat PCB kita coba bengkokkan sedikit. Pada mainboard kelas tinggi terdapat lapisan pendingin untuk memmbuang panas pada mainboasrdnya
• Kapasitor
Mainboard yang menjaga kestabilan kompresi tinggi biasanya menggunakan kapasitor low-esr ( kapasitor Perak) atau kapasitor solid. Kapasitor kualitas tinggi dibawah low-esr adalah 1st grade buatan jepang, contohnya seperti rubycan dan nichicon. Rubycan memiliki belahan diatas kapasitor berbentuk huruf K sedangkan Nichicon memiliki belahan diatas kapasitor berbentuk huruf Y.
• Heatsink
Sebagai pendingin mainboard, heatsink juga memegang peranan penting. Pilihlah mainboard dengan heatsink berteknologi heatpipe. Juga dapat memilih mainboard dengan heatsink yang menutupi mosfet dan chipset, dan heatsink ini juga dapat meredam panas yang berlebihan.
Ditunggu cacian, hinaan, komentar dan sarannya...
Terimakasih telah berkunjung diblog kami Ulat Boeloe community
Kalong99@gmail.com


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAAF BLOG KAMI MASIH DALAM TAHAP RENOVASI