Welcome To Ulat Boeloe Community

22 Juli 2009

Tips n Trik memilih Prosesor

Prosesor
Prosesor merupakan otak dari komputer. Prosesor merupakan komponen yang paling penting karena prosesor melakukan proses komputasi. Prosesor mengerjakan perkalian, penambahan, penghitungan, hingga ke proses-proses yang sangat rumit. Sebuah prosesor terdiri dari ribuan, hingga jutaan transistor didalamnya. 
Maka dalam membeli suatu prosesor kita harus memperhatikan faktor-faktor dalam memilih prosesoe baik itu prosesor AMD atau pun Intel.
• Core
• Clock
• Code

Core
Core adalah inti dari sebuah prosesor, baik AMD atau Intel pada generasi prosesornya selalu memberikan penamaan tersendiri. Penamaan ini bertujuan untuk dapat mengidentifikasi generasi dari prosesor yang bersangkutan juga teknologi yang diterapkan didalamnya. Dengan mengenal code dari core minimal kita dapat mengenali tipe prosesor, FSB, Ukuran Cache, teknologi dan informasi lainnya.

Clock
Clock prosesor dapat membingungkan kita, untuk itu jangan pernah menilai kinerja prosesor dari clock speed-nya(yang bersatuan Ghz/Mhz). Hal ini tidak relevan lagi sekarang ini untuk anda jadi patokan kinerja dari sebuah prosesor. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih prosesor, sebaiknya kita mencari clock yang terendah dengan teknologi yang terbaru atau tipe prosesor yang terbaru. Meskipun clock prosesor tersebut tampak rendah, tetapi karena menggunakan teknologi terbaru maka kinerja yang anda dapatkan tidak akan mengecewakan anda. Pemilihan clock yang terendah dimaksudkan untuk menghemat pengeluaran anda.wkwkwkkwk.

Code
Code seri prosesor, atau batch code produksi prosesor, kadang juga menjadi sangat penting untuk mendeteksi seri ‘gold-batch’ dari tipe prosesor yang tertentu. Ini disebabkan kualitas prosesor untuk tipe dan seri yang sama bisa beragam.

Perbeda prosesor intel pentium dengan prosesor dual core dan core 2 duo :
Core 2 duo sudah mengunakan teknologi multi core yaitu didalam prosesor terdapat inti lebih dari satu. Sedangkan intel pentium hanya memiliki 1 inti. Inti sebuah prosesor ini disebut sebagai tipe “die”.
Prosesor pentium 4 hanya memiliki 1 die dengan satu inti
Prosesor dual core memiliki dua die dengan masing-masing satu inti didalamnya
Prosesor core 2 duo memiliki satu die dengan dua inti, atau disebut dengan teknologi core.
Prosesor core 2 Quad dimana sebuah prosesor memiliki 2 die dimana sebuah die memiliki 2 inti.

Sebuah external core didapat dari perkalian antara FSB (front side Bus) dengan Multiplier. Misalkan intel pentium 4 2.8G, FSB 800Mhz. Angka 2.800Mhz diperoleh dari perkalian FSB 200Mhz x Multiplier 14X = 2800Mhz. Kenapa FSB 200Mhz, bukannya 800Mhz karena intel mengenal teknologi Quad Pump, dimana FSB real dari Fsb 800 Mhz adalah 200MHz.
FSB Real
FSB 800 200MHZ
FSB 1066 266MHZ
FSB 1333 333MHZ
Ditunggu cacian, hinaan, komentar dan sarannya...
Terimakasih telah berkunjung diblog kami Ulat Boeloe community
Kalong99@gmail.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAAF BLOG KAMI MASIH DALAM TAHAP RENOVASI