Welcome To Ulat Boeloe Community

22 Juli 2009

Tips dan Trik Memilih Cooling Prosesor

COOLING
Cooling merupakan hardware yang berfungsi untuk mendinginkan peripheral dalam PC kita. sebenarnya, setiap produsen sudak memikirkan solusi pendingin untuk hardware yang bersangkutan. Misalnya sebuah prosesor oleh produsennya sudah dibekali dengan cooling fan yang memadai. Fan ini sudah dapat mendinginkan prosesor tersebut ketika bekerja dalam kondisi yang wajar. Cooling standar juga biasa disebut sabagai stock cooling.
Fungsi cooling tersebut sebenarnya tidak hanya mendinginkan prosesor, tetapi juga komponen disekitarnya. Selain stock cooling, terdapat juga 3rd party air cooling yang diproduksi oleh produsen lain. Air Cooling buatan produsen lain, biasanya mempunyai kemampuan pendinginan yang lebih baik. Desainnya lebih bagus dan bahan yang digunakanlebih berkualitas dibanding stock Cooling.
Selain air coolingterdapat juga Water Coolingatau pendingin dengna media air. Water cooling pada prosesor dilakukan dengan menggunakan sebuah waterblock(logam padat) yang didalamnya terdapat rongga) yang dialiri cairan melalui dua atau tiga lubang aliran masuk atau keluar cairan. Cairan yang biasa digunakanselain air biasa, juga coolant radiator. Cairan tersebut dipompa mengaliri waterblock, kemudian didinginkan melalui radiator.
Terakhir sub-zerocooling yaitu pendingin yang mendinginkan hingga suhu dibawah nol derajat. Yang lazim digunakan yaitu phase change, dry ice dan LN2 (liquid nitrogen).
Ditunggu cacian, hinaan, komentar dan sarannya...
Terimakasih telah berkunjung diblog kami Ulat Boeloe community
Kalong99@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MAAF BLOG KAMI MASIH DALAM TAHAP RENOVASI